02 May 2012

Memasang Biped Pada Alien (3ds Max Rigging Tutorial)

3ds Max Rigging Tutorial

Jumpa lagi sob, dalam tutorial 3ds Max kali ini, saya akan menunjukan bagaimana cara memasang biped pada alien atau yang lebih dikenal dengan istilah Rigging Body, tujuan pemasangan biped ini ialah untuk menggerakan (membuat bergerak) karakter alien yang telah dibuat.
1. Buat tubuh dan mata alien terlihat transparan terlabih dahulu denga cara, pilih tubuh dan mata alien, klik Display, kemudian pada tab Display Properties, centang kotak pada teks See-Through (atau tekan Alt+X pada keyboard).

3ds Max Rigging Tutorial

2. Bekukan mata dan tubuh alien dengan cara klik kanan pada viewport kemudian pilih Freeze Selected, agar nantinya pada saat menyesuaikan bentuk dari struktur biped dan alien, tidak terganggu dengan terkliknya tubuh dan mata alien, itu lah pokonya maksunya.

3ds Max Rigging Tutorial

3. Buat Biped dengan cara klik Create > Systems > kemudian klik Biped.

3ds Max Rigging Tutorial

4. Klik objek Bip01 yang terletak pada pinggul biped.

3ds Max Rigging Tutorial

5. Klik Motion > Figure Mode, kemudian geser posisi biped sesuai dengan posisi dari alien.

3ds Max Rigging Tutorial

6. Pada tab Structure, sesuaikan struktur biped dengan alien, seperti pada gambar dibawah.

3ds Max Rigging Tutorial

7. Perhatikan gambar-gambar berukut, geser dan perbesar strukture biped mengikuti badan alien dengan menggunakan Select and Move, Select and Rotate dan Select and Uniform Scale.

3ds Max Rigging Tutorial
3ds Max Rigging Tutorial
3ds Max Rigging Tutorial
3ds Max Rigging Tutorial
3ds Max Rigging Tutorial
3ds Max Rigging Tutorial
3ds Max Rigging Tutorial
3ds Max Rigging Tutorial
3ds Max Rigging Tutorial
3ds Max Rigging Tutorial
3ds Max Rigging Tutorial
3ds Max Rigging Tutorial
3ds Max Rigging Tutorial
3ds Max Rigging Tutorial

8. Setelah penyesuaian bentuk biped dan alien selesai, klik kana pada viewport kemudian pilih Unfreeze All.

3ds Max Rigging Tutorial

9. Klik tubuh alien, kemudian klik Modify, pada Modifier List, pilih Physique.

3ds Max Rigging Tutorial

10. Pada tab Physique, klik Attach to Node, kemudian klik objek bip01.

3ds Max Rigging Tutorial

11. Setelah muncul kotak dialog Physique Initialization, klik Initialize.

3ds Max Rigging Tutorial

12. Lakukan pula langkah yang sama pada mata alien, gabungkan mata alien dengan biped seperti tubuh alien. 

3ds Max Rigging Tutorial

13. Periksa bagian tubuh alien dan biped, apakah sudah menyatu dengan benar, caranya dengan menggeser bagian elemen biped, perhatikan gambar dibawah, bagian dalam kaki alien tidak menyatu dengan benar.

3ds Max Rigging Tutorial

14. Untuk memperbaiki bagian tersebut, caranya adalah sebagai berikut, klik tanda (+) pada teks Physique, kemudian pada tab Envelope Parameters rubah nilai Radial Scale dan Parent Overlap hingga kaki biped menyatu dengan sempurna.

3ds Max Rigging Tutorial
3ds Max Rigging Tutorial

Ok, setelah proses Rigging selesai apa yang selanjutnya dilakukan, hal yang selanjutnya dilakukan ialah membuat gerak atau motion terhadap alien tersebut, ok, untuk menggerakan atau membuat gerakan pada alien, akan saya bahas pada tutorial 3ds Max selanjutnya. Ok sob sekian dulu tutorialnya, terima kasih dan mudah-mudahan tutorial ini dapat bermanfaat.

3 comments :

Post a Comment