06 May 2012

Memberi Material pada Gelas, Boto & Meja (3ds Max Material Tutorial)

3ds max material tutorial

Hai sobat jumpa lagi, berlanjut dari tutorial 3ds Max sebelumnya yaitu membuat model gelas, botol dan meja, pada pada tutorial 3ds Max kali ini saya akan menunjukan bagaimana cara memberi meterial pada 3 objek tersebut, ok lansung saja menuju sasaran.
1. Buka file 3ds max yang berisi gelas, botol dan meja. Setelah file tersebut dibuka, selanjutnya klik tombol Material Editor untuk membuka jendela Material Editor. Ganti Material di slot pertama, dari tipe standard dengan Architectural. dengan cara klik tombol standard kemudian setelah muncul Material/Map Browser, pilih Architectural.

3ds max material tutorial

2. Pada tab Templates, ganti User Defined dengan Glass - Clear.

3ds Max Material Tutorial

3. Pada tab Physical Qualities, ganti warna pada Diffuse Color menjadi putih.

3ds Max Material Tutorial

4. Pilih kedua objek gelas, kemudian pasang material pada kedua gelas tersebut dengan cara menekan tombol Assign Material to Selection pada Material Editor. 

3ds Max Material Tutorial

5. Pilih kembali material Architectural pada slot ke 2, ganti templatesnya denga glass - clear, kemudian beri warna biru pada diffuse color.

3ds Max Material Tutorial

6. Tempelkan material tersebut pada objek botol.

3ds Max Material Tutorial

7. Untuk material pada meja, kita beri material standar dengan texture kayu, klik material pada slot 3, kemudian pada tab map, klik tombol None pada teks Diffuse Color, setelah muncum jendela Material/Map Browser, pilih Bitmap.

3ds Max Material Tutorial

8. Setelah muncul jendela Select Bitmap Image File, pilih gambar kayu yang akan digunakan sebagai texture pada meja. Kemudian klik Open.

3ds Max Material Tutorial

9. Pada tab Specular Higlights, beri nilai 35 untuk Specular Level, 15 untuk Glossiness dan 0.1 untuk Soften.

3ds Max Material Tutorial

10. Tempelkan material tersebut pada meja.

3ds Max Material Tutorial

11. Terlihat pada gambar diatas, pada bagian kaki meja texture tidak kurang pas, untuk memperbaikinya, caranya adalah sebagai berikut. Klik Modify, kemudian pada Modifier List, pilih UVW Map.

3ds Max Material Tutorial

12. Pada tab Mapping, centang lingkaran pada teks Face, dan lihat hasilnya.

3ds Max Material Tutorial

13. Ok selanjutnya beri material pada tutup botol dengan texture kayu dan plastik seperti berikut.

3ds Max Material Tutorial

14. Klik Create > Cameras > Target. untuk membuat kamera dengan target objek, kemudian arahkan targetnya pada objek yang akan diambil gambarnya.

3ds Max Material Tutorial

15. Klik Create > Lights > Omni. untuk memberi efek cahaya. Pada General Parameters dalam tab Shadows centang kotak pada teks On untuk mengaktifkan efek bayangan, dan pada Shadow Parameters dalam tab Object Shadows, beri nilai 0.35 pada Dens, ini bertujuan agar bayangan yang dihasilkan tidak terlalu tebal.

3ds Max Material Tutorial

16. Klik Render Production untuk melakukan proses render (tekan F9 pada keyboard). Dan inilah hasilnya.

3ds Max Render Tutorial

Ok Sob sekian dulu tutorial 3ds Max yang saya sampaikan untuk hari ini. Semoga tutorial 3ds Max ini dapat bermanfaat, dan sampai jumpa lagi di tutorial 3ds Max selanjutnya. Wassalam....

1 comments :

Post a Comment