Hai sobat jumpa lagi, berlanjut dari tutorial 3ds Max sebelumnya yaitu membuat model gelas, botol dan meja, pada pada tutorial 3ds Max kali ini saya akan menunjukan bagaimana cara memberi meterial pada 3 objek tersebut, ok lansung saja menuju sasaran.
2. Pada tab Templates, ganti User Defined dengan Glass - Clear.
3. Pada tab Physical Qualities, ganti warna pada Diffuse Color menjadi putih.
4. Pilih kedua objek gelas, kemudian pasang material pada kedua gelas tersebut dengan cara menekan tombol Assign Material to Selection pada Material Editor.
5. Pilih kembali material Architectural pada slot ke 2, ganti templatesnya denga glass - clear, kemudian beri warna biru pada diffuse color.
6. Tempelkan material tersebut pada objek botol.
7. Untuk material pada meja, kita beri material standar dengan texture kayu, klik material pada slot 3, kemudian pada tab map, klik tombol None pada teks Diffuse Color, setelah muncum jendela Material/Map Browser, pilih Bitmap.
8. Setelah muncul jendela Select Bitmap Image File, pilih gambar kayu yang akan digunakan sebagai texture pada meja. Kemudian klik Open.
9. Pada tab Specular Higlights, beri nilai 35 untuk Specular Level, 15 untuk Glossiness dan 0.1 untuk Soften.
10. Tempelkan material tersebut pada meja.
11. Terlihat pada gambar diatas, pada bagian kaki meja texture tidak kurang pas, untuk memperbaikinya, caranya adalah sebagai berikut. Klik Modify, kemudian pada Modifier List, pilih UVW Map.
12. Pada tab Mapping, centang lingkaran pada teks Face, dan lihat hasilnya.
13. Ok selanjutnya beri material pada tutup botol dengan texture kayu dan plastik seperti berikut.
14. Klik Create > Cameras > Target. untuk membuat kamera dengan target objek, kemudian arahkan targetnya pada objek yang akan diambil gambarnya.
15. Klik Create > Lights > Omni. untuk memberi efek cahaya. Pada General Parameters dalam tab Shadows centang kotak pada teks On untuk mengaktifkan efek bayangan, dan pada Shadow Parameters dalam tab Object Shadows, beri nilai 0.35 pada Dens, ini bertujuan agar bayangan yang dihasilkan tidak terlalu tebal.
16. Klik Render Production untuk melakukan proses render (tekan F9 pada keyboard). Dan inilah hasilnya.
Ok Sob sekian dulu tutorial 3ds Max yang saya sampaikan untuk hari ini. Semoga tutorial 3ds Max ini dapat bermanfaat, dan sampai jumpa lagi di tutorial 3ds Max selanjutnya. Wassalam....
1 comments :
Terima kasih untuk tutorialnya.
Post a Comment