25 April 2012

3d Modeling Alien (3ds Max Modeling Tutorial)

3ds Max Modeling Tutorial

Hai Sobat, dalam tutorial 3ds Max ini, saya akan menunjukan bagaimana cara membuat sebuah model 3d dari alien, dalam Tutorial Modeling ini saya akan menunjukan bagaimana membuat alien dengan objek box yang dirubah dalam bentuk Editable Poly. ok langsung saja menuju sasaran.


A . Modeling Badan Alien

1. Buat sebuah objek box, klik Create > Geometry > Box,

3ds max modeling tutorial

2. Ubah objek bok tersebut dalam bentuk Editable Poly, klik objek box tersebut,  klik kanan pada viewport, klik Convert to, kemudian pilih Convert to Editable Poly.

3ds max modeling tutorial

3. Klik Modidy, kemudian klik Vertex level (tekan 1 pada keyboard).

3ds max modeling tutorial

4. Pilih viewport front kemudian perbesar tampilan viewport front dengan mengklik Maximize Viewport Toggle pada sisi kanan bawah layar (tekan Alt+W pada keyboard) , pilih Vertex pada sisi kanan objek box.

3ds max modeling tutorial

 kemudian hapus Vertex pada bagian tersebut, hingga objek box menjadi setengah bagian.

3ds max modeling tutorial

5. Klik Select and Move (tekan W pada keyboard), lalu geser Vertex pada sisi bagian kiri objek box, seperti yang ditunjukan oleh gambar berikut.

3ds max modeling tutorial

6. Pada viewport left, geser Vertex pada bagian atas dan bawah seperti gambar berikut.

3ds max modeling tutorial
3ds max modeling tutorial

B. Modeling Lengan Alien

7. Aktifkan Edge level (tekan 2 pada keyboard), pilih Edge pada bagian atas objek box.

3ds max modeling tutorial

8. Klik Connect Settings pada Edit Edges, untuk membuat Edge tambahan pada bagian tersebut. Pada Connect Edge, beri nilai 1 untuk Segments dan 50 untuk Slide.

3ds max modeling tutorial

 9. Aktifkan Polygon level (tekan 4 pada keyboard), pilih Polygon seperti pada gambar berikut.

3ds max modeling tutorial

10. Klik ExtrudeSettings, dalam Exrtude Polygons, pilih Group untuk Extrusion Type dan beri nilai 5 pada  Extrusion Height.

3ds max modeling tutorial

11. Perbesan viewport front, aktifkan Vertex level, pilih Vertex pada ujung lengan alien.

 3ds max modeling tutorial

Geser Vertex tersebut seperti yang terlihat pada gambar.

3ds max modeling tutorial

12. Aktifkan Edge level, kemudian buat Edge tambahan pada lengan alien dengan 2 Segments.

3ds max modeling tutorial

13. Aktifkan Vertex level, sejajarkan Vertex pada lengan alien seperti berikut.

3ds max modeling tutorial

14. Pilih semua Vertex pada bagian tengah lengan Alien, klik Select and Uniform Scale (tekan R pada keyboard) untuk menggeser Vertex pada bagian tersebut.

3ds max modeling tutorial
3ds max modeling tutorial
.
15. Aktifkan Polygon level, pilih Polygon pada bagian ujung lengan alien.

3ds max modeling tutorial

16. Klik Extrude Settings, beri nilai 30 untuk Extrusion Height.

3ds max modeling tutorial

17. Klik kembali Extrude Settings, beri nilai 10 untuk Extrusion Height.

3ds max modeling tutorial

18. Aktifkan Edge level, pilih Edge pada bagian ujung lengan alien.

3ds max modeling tutorial

19. Klik Connect Setting, beri nilai 1 untuk Segments.

3ds max modeling tutorial

20. Aktifkan Polygon level, pilih Polygon seprti yang ditunjukan oleh gamber dibawah. Bagian tersebut akan dibuat sebagai jempol dari tangan alien.

3ds max modeling tutorial

21. Klik Extrude Settings, beri nilai 5 pada Extrusion Height .

3ds max modeling tutorial

22. Aktifkan Vertex level, pilih Vertex pada ujung jempol alien, kemudian geser vertex-vertex tersebut seperti gambar berikut.

3ds max modeling tutorial

23. Geser pula Vertex pada ujung jari alien seperti berikut.

3ds max modeling tutorial

24. Aktifkan Edge level, pilih semua Edge pada lengan alien.

3ds max modeling tutorial

25. Klik Connect Settings, beri nilai 3 untuk Segments dan -85 untuk Pinch.

3ds max modeling tutorial
3ds max modeling tutorial

C. Modeling Kaki Alien

26. Aktifkan Polygon level, pilih Polygon pada bagian bawah badan alien.

3ds max modeling tutorial

27. Klik Extrude Settings, beri nilai 25 pada Extrusion Height.

3ds max modeling tutorial

28.Aktifkan Edge level, pilih edge pada bagian kaki.

3ds max modeling tutorial

29. Klik Connect Settings, beri nilai 1 untuk Segments dan -80 untuk Slide.

3ds max modeling tutorial

30. Pilih Edge pada bagian atas kaki, seperti pada gambar di bawah.

3ds max modeling tutorial

31. Klik Cinnect Settings, berikan 1 Segments pada bagian tersebut.

3ds max modeling tutorial

32. Klik Edge pada bagian bawah kaki.

3ds max modeling tutorial

33. Klik Connect Settings, beri nilai 1 untuk segments dan 45 untuk slide.
3ds max modeling tutorial

34. Aktifkan Polygon level, pilih Polygon pada bagian bawah depan dari kaki alien.

3ds max modeling tutorial

35. Klik Extrude Setting, beri nilai 15 pada Extrusion Height.

3ds max modeling tutorial

36. Aktifkan Edge level, pilih Edge pada bagian yang ditunjukan gambar.

3ds max modeling tutorial

37. Klik Connect Settings, beri nila 2 pada Segments, -20 pada Pinch dan 70 pada Slide.

3ds max modeling tutorial

38. Aktifkan Vertex level, geser vertek pada ujung depan dan atas kaki alien.

3ds max modeling tutorial

39. pada viewport top, geser vertex pada bagian tengan kaki. 

3ds max modeling tutorial

39. Aktifkan Edge level, pilih Edge pada kaki alien seperti berikut.

3ds max modeling tutorial

40. Klik Connect Settings, beri nilai 1 pada Segments dan 70 untuk Slide.

3ds max modeling tutorial

D. Modeling Kepala

41. Aktifkan Polygon level, pilih polygon pda tubuh alien bagian atas.

3ds max modeling tutorial

42. Klik Extrude settings, beri nilai 5 untuk Extrusion Height.

3ds max modeling tutorial

43. aktifkan Vertex level, geser vertex dari badan alien seperti berikut. 

3ds max modeling tutorial

44. Aktifkan Polygon level, hapus polygon pada bagian dalam badan alien.

3ds max modeling tutorial

45. Pilih Polygon pada bagian ujung badan alien, klik Extrude setting dan beri nilai 10 pada Extrusion Height.

3ds max modeling tutorial

46. Hapus Polygon pada bagian dalam kepala alien.

3ds max modeling tutorial

47. Aktifkan Edge level, pilih Edge pada bagian kepala.

3ds max modeling tutorial

48. Klik Connect setting, beri nilai 1 pada Segments dan -70 pada Slide.

3ds max modeling tutorial

49. Aktifkan Polygon level. pilih Polygon pada bagian kepala.

3ds max modeling tutorial

50. Klik Extrude setting, beri nilai 15 pada Extrusion Height.

3ds max modeling tutorial

51. Akrifkan Vertex level, hapus Vertex pada kepala bagian atas.

3ds max modeling tutorial

52. Aktifkan Edge level, pilih Edge pada bagian atas kepala (depan dan belakang).

3ds max modeling tutorial

53. Klik Bridge untuk menutup/menghubungkan bagian tersebut.

3ds max modeling tutorial

54. Pilih semua Edge pada sisi kepela. klik Connect setting dan beri 2 Segments pada bagian tersebut.

3ds max modeling tutorial

55. Pilih Edge pada bigian sisi kepala dampai lehen, klik Connect setting dan bei 1 segments pada bagian tersebut.

3ds max modeling tutorial

56. Aktifkan Vertex level, klik Cut, klik Vertex pada bagian sisi tengah leher, kemudian tarik ke sudut bahu dari tangan alien. 

3ds max modeling tutorial

57. Klik lagi Cut, dan hubungkan Vertex pada bagian sisi leher pada Vertex dar sisi bahu lainnya. 

3ds max modeling tutorial

hingga hasinya seperti ini

3ds max modeling tutorial

58. Geser Vertex pada bagian sisi kepala seperti berikut (lakukan pada viewport front).

3ds max modeling tutorial

59. geser pula Vertex pada bagian depan dan belakang kepadal seprti berikut.

3ds max modeling tutorial

60. Geser Vertex pada bagian sisi depan dan belakang dari kepala menuju tengan kepala seperi berikut.

3ds max modeling tutorial
3ds max modeling tutorial

 61. Aktifkan Edge level, hubungkan Edge pada bagian tengah kepala dari depan sampai belakang.

3ds max modeling tutorial

62. Pilih Edge pada bagian depan kepala seperti berikut.

3ds max modeling tutorial

63. Buat 2 buah Edge pada bagian tersebut seperti berikut untuk membuat hidung.

3ds max modeling tutorial
3ds max modeling tutorial

 64. Geser sedikit ketengah Vertex pada bagian tengah hidung ketengah.

3ds max modeling tutorial

65. Klik Cut, buatlah Edge pada bagian bawah hidung seperti berikut.

3ds max modeling tutorial
3ds max modeling tutorial

66. Pilih Veretx pada bagian ujung depan hidung.

3ds max modeling tutorial

kemudian tirik kedepan.

3ds max modeling tutorial

geser pula Vertex pada bagian atas hidung .

3ds max modeling tutorial

67. Klik Cut, hubungkan Vertex pada bagian sisi bawah hidung ke bagian sisi dagu.

3ds max modeling tutorial

68. Klik Edge pada bagian bawah kepala.

3ds max modeling tutorial

69. Klik Connect Setting dan buat 2 Segment Edge pada bagian tersebut.

3ds max modeling tutorial

70. Aktifkan Vertex Level, geser Vertex pada bagian depan bawah dari seperti berikut.

3ds max modeling tutorial

71. Klik Cut, buat 2 buah Edge di bawah hidung, untuk membentuk bibir dari alien seperti berikut.

3ds max modeling tutorial

72. Pilih Veretx pada bagian tengah bibir dan geser ke depadn seperti berikut.

3ds max modeling tutorial

72. Aktifkan Edge level, pilih Edge pada bagian tengah kepada seperti yang ditunjukan oleh gambar, untuk membuat mata.

3ds max modeling tutorial

73. Klik Connect setting, beri nilai 2 pada segments dan 70 untuk Pinch.

3ds max modeling tutorial

74. Aktifkan Polygon level, kemudian pilih Polygon pada bagian tang ditunjukan oleh gambar.

3ds max modeling tutorial

75.  Klik Inset setting, beri nilai 0.15 pada Inset Amount.

3ds max modeling tutorial

76. Geser sedikit kedepan, Polygon pada bagian tersebut.

3ds max modeling tutorial

77. Klik kembali Inset.

3ds max modeling tutorial

    geser Polygon pada bagian tersebut kedalam, kemudian delete.

3ds max modeling tutorial
3ds max modeling tutorial

E. Modeling Tanduk

78. Pilih Polygon pada bagian atas kepala.

3ds max modeling tutorial

79. Klik Extrude Setting dan beri nilai 15 pada Extrusion Height.

3ds max modeling tutorial

80. Aktifkan Vertex level dan geser Vertex pada bagian ujung tanduk seperti berikut..

3ds max modeling tutorial

81. Aktifkan kembali Polygon level, klik Extrude, kemudian geser Vertex pada ujung tanduk seperti pada gambar gerikut.

3ds max modeling tutorial 3ds max modeling tutorial
3ds max modeling tutorial
3ds max modeling tutorial
3ds max modeling tutorial
3ds max modeling tutorial

ok, pemodelan/modeling dari bentuk setengah badan dari mahluk alien telah selesai, kenapa pemodelan/modeling mahluk alien ini dibuat seteh bagian, ini bertujuan agar model yang dibuat hasilnya simetris/ sejajar antara sisi kanan dan kiri. untuk membuat bentuk alien ini menjadi utuh, caranya adalah sebagai berikut.

1. klik model alien, klik Modify, kemudian pilih Symetry pada Modifier List.

3ds max modeling tutorial

2. Centang kotak pada teks Flip.

3ds max modeling tutorial

Nah sekarang bentuk alien tersebut telah menjadi utuh, selanjutnya perhalus bentuk alien tersebut dengan cara:

1. Klik model alien tersebut, klik Modify, kemudian pada Modifier list, pilih MeshSmooth.

3ds max modeling tutorial

2. Beri nilai 3 pada Iterations, agar bentuk nya menjadi lebih halus.

3ds max modeling tutorial

dan inilah hasilnya.

3ds max modeling tutorial

untuk bola mata alien ini, buat saja dengan objek plane atau objek lain yang sobat inginkan, kemudian modif objek tersebut mengikuti bentuk mata alien tersebut.

Ok sob, sekian dulu memijat tombol keyboard untuk hari ini berhubung udah malam saya mau istirahat dulu, mudah-mudaha tutorial dasar dari 3ds Max Modeling ini dapat membantu para sobat yang lagi belajar 3ds Max seperti saya. Ketemu lagi pada tutorial 3ds Max selanjutnya sob yang akan membahas bagaimana membari material pada alien ini. Sekian dan Wassalam.

3 comments :

izin repost ya. ditulis kok sumbernya :)

Kalau untuk menseleksi obyek box dengan snap di salah satu titik gmn caranya ya mas?

www.saputramz.com

Post a Comment