Hai Sob, jumpa lagi, dalam tutorial 3ds Max kali ini saya akan menunjukan bagaimana cara membuat animasi gelas pecah pada 3ds Max menggunakan RayFire ok sob, langsung saja menuju sasaran.
2. Buat posisi gelas dan meja menjadi seperti berikut, geser dengan menggunakan Select and Move.
3. Pilih objek gelas, kemudian klik kanan pada viewport lalu pilih Clone, untuk mencopy (memperbanyak) objek gelas.
4. Setelah muncul dialog Clone Optionns, centang lingkaran pada teks Copy, kemudian klik OK.
5. Geser posisi gelas02 ke atas gelas01 dengan menggunakan Select and Move seperti berikut.
7. Copy (Clone) kembali objek gelas sebanyak 7 buat, dan atur posisi gelas-gelas tersebut seperti berikut.
8. Klik AutoKey, kemudian geser Time Slider ke nomber.
9. Geser tutup botol ke arah depan, sampai melewati objek gelas (perhatikan tanda panah pada gambar),
Sekarang coba non-aktifkan AutoKey dan geser Time Slider dari 0 sampai 30, maka tutup botolnya akan bergerak maju, ok lanjut lagi sob.
10. Klik Create > Geometry, kemudian ganti Standard Primitives dengan RayFire.
11. Klik RayFire, kemudian klik Open RayFire Floater.
12. Pada Dialog RayFire, masukan (Add) objek meja dan Plane (lantai) pada Static_Kinematic Objek dengan cara klik objek meja dan plane kemudian klik Add pada Static_Kinematic Objek.
13. Dengan cara yang sama, masukan (Add) semua objek gelas, botol dan tutup botol pada Dynamic/Impact Objek.
14. Pada Dialor RayFire, klik Options kemudian klik Open Custom Properties rollout.
15. Pilih semua objek gelas, pada dialog Custom Properties , klik Use Custom Properties (ini menandakan bahwa setting ini hanya berlaku ubtuk objek yang terpilih), kemudian ganti Dense rock dengan Galss (ini menandakan bahwa objek yang kita pilih terbuat dari bahan gelas).
16. Pada tab Fragmentation Properties ubah nilai Iterations menjadi 25 (ini berarti fragmen yang dibuat untuk objrk ini adalah sebanyak 25), kemudian klik add.
pada gambar dibawah terlihat bahwa sekarang objek gelas telah memiliki fargment sebanyak 25.
17. Klik objek botol, kemudian pada Custom Properties , klik Use Custom Properties, kemudian ganti Dense rock dengan Galss, sedangkan untuk iteration-nya kita tik perlu merubah apapun dan tidak usah memberi fragmen pada objek ini, kita hanya menentukan bahan saja untuk botol.
18. Klik objek tutup botol, kemudian pada Custom Properties , klik Use Custom Properties, kemudian ganti Dense rock dengan Steel, itu saja kemudian tutup dialog Custom Propeties.
19. Klik Physics, kemudian pada tab Interactive Demolition Properties, centang kotak pada teks Demolish Geometry (jika kota ini tidak di centang, maka saat terjadi benturan antara tutup botol dan gelas, gelas tidak akan pecah).
20. Perhatikan gambar dibawah, geser Time Slider, perhatikan pada Frame ke berapa benturan antara tutup botol dan gelas terjadi, terlihat pada gambar dibawah, benturan antara tutupbotol dan gelas terjadi pada frame 16, maka pada dialog RayFire ubah nilai Start Frame menjadi 16 (jika nilai start frame di mulai pada frame sebelum frame ke 16 misal 10 atau kurang, maka gelas akan pecah sebelum terjadi benturan dan apabila lebih, maka gelas akan pecah setelah benturan). kemudian tekan tombol Bake Animation untuk melihat previewnya
perhatikan video ini, tunggu hingga prosesnya selesai
sekarang coba geser Time Slider dan lihat hasilnya.
setelah semua proses selesai, tahap ahirnya ialah tinggal melakukan proses render, dan inilah hasilnya.
Ok sobat, cukup sekian dulu bahasan tutorial 3ds max-nya, mudah mudahan tutorial 3ds max ini dapat bermanfaat bagi para sobat dan terima kasih telah berkunjung, sampai bertemu lagi pada tutorial 3ds max selanjutnya, wassalam...
0 comments :
Post a Comment