05 May 2012

Pemodelan Gelas, Botol, & Meja 3d (3ds Max Modeling Tutorial)

3ds Max Modeling

Hai sobat, salam jumpa lagi, pada tutorial 3ds Max kali ini, saya akan membahas bagaimana cara membuat model sebuah gelas dan botol yang ditaruh diatas meja dengan 3ds Max. Untuk pemodelan gelas pada 3ds Max, saya akan membuat dengan objek line yang akan di modifikasi dengan Lathe, untuk botol menggunakan Cylinder tang dirubah dalam Editable Poly, dan untuk membuat meja menggunakan Box. Ok langsung saja kita bahas Sob.
A. Membuat Model Gelas 3d

1. Buatlah sebuah Plane klik Create > Geometry > Plane dan sesuaikan ukuran Plane dengan gambar gelas yang akan dijadikan sebagai patokan dari proses pemodelan (modeling) gelas. seperti berikut.

3ds Max Modeling

2. Klik Material Editor (tekan M pada keyboard), klik Material pada slot pertama, kemudian pada tab Map, klik tulisan None pada teks Diffuse Color, setelah muncul Material/Map Browser, pilih Bitmap.

3ds Max Modeling

3. Pilih gambar gelas yanga akan dibuat sebagai model 3d. seperti berikut.

3ds Max Modeling

4. Tempelkan gambar tersebut pada objek plane dengan cara klik Assign Materil to Selection. Kemudian aktifkan tombol Show Standard Map in Viewport, agar gambat terlihat pada viewport.

3ds Max Modeling

5. Klik objek plane, klik kanan pada viewport, lalu klik Object Properties.

3ds Max Modeling

6. Centang kotak pada teks Freeze dan Backface Cull, dan hapus centang pada tulisan Show Frozen in Gray lalu klik ok.

3ds Max Modeling

7. Klik Create > Shapes > Line, kemudia buat garis mengikuti gambar setengah bagian dari bentuk gelas seperti berikut, pada viewport front. 

3ds Max Modeling

8. Untuk memperbaiki garis yang kita buat agar lebih pas dengan gambar gelas, klik Modify, kemudian klik Vertex, selanjutnya perbaiki posisi Vertel pada garis yang telah kita buat dengan cara menggeser vertek-vertex tersebuat menggunakan Select and Move, agar lebih pas denga bentuk dari gambar gelas.

3ds Max Modeling
3ds Max Modeling

9. Klik Modify, kemudian pada Modifier List, pilih Lathe.

3ds Max Modeling

10. Dan hasilnya adalah sebagai berikut.

3ds Max Modeling

11. Klik tanda plus (+) pada teks Lathe, kemuadian klik Axis, geser axis pada sumbu x ke arah kiri hingga membentuk sebuah gelas seperti berikut, kemudian beri nilai 50 pada segments.

 3ds Max Modeling
3ds Max Modeling

12. Dan inilah hasilnya, bentuk gelas nya telah jadi, kemudian berinama objek ini dengan nama gelas01.

3ds Max Modeling

B. Membuat Model Botol 3d

13. Buat sebuah Cylinder untuk membuat sebuah model botol, agar lebih fokus dalam pemodelan botol ini, klik Cylinder tersebut, klik kanan kemudian pilih Isolate Selection.

3ds Max Modeling

14. Maka yang akan terlihat sekarang adalah objek Cylindernya saja.

3ds Max Modeling

15. Rubah bentuk Cylinder tersebut dalam bentuk Editable Poly, dengan cara klik kanan pada viewport pilih Convert to: kemudian klik Convert to Editable Poly.

3ds Max Modeling

16. Klik Modify, kemudian aktifkan Poligon level (tekan 4 pada keyboard). Kemudian pilih Polygon pada bagian bawah Cylinder seperti berikut. 

3ds Max Modeling Tutorial

17. Klik Inset setting, kemudian pada Inset Polygons  beri nilai 1 pada Inset Amount.

3ds Max Modeling

18. Klik kembali Inset setting, kemudian beri nilai 2.5 pada Inset Amount.

3ds Max Modeling

19. Geser ke atas Polygon pada bagian ini dengan menggunakan Select nad Move.

3ds Max Modeling

20. Klik kembali Inset setting, dan beri nilai 2.5 pada Inset Amount.

3ds Max Modeling Tutorial

21. Aktifkan Edge level (tekan 2 pada keyboard), pilih Edge pada bagian tengah botol seperti berikut. 

3ds Max Modeling

22. Klik Chamfer setting, pada Chamfer Edge, isi nilai Chamfer Amount dengan nilai 2.25 dan Segments 5.

3ds Max Modeling

23. Pilih Edge pada bagian luar botol.

3ds Max Modeling Tutorial

24. Klik Chamfer setting, isi Chamfer Amount dengan nilai 0.3 dan Segmens 5.

3ds Max Modeling

25.Aktifkan Vertex level (tekan 1 pada keyboard).

3ds Max modeling tutorial

26. Perhatikan dan ikuti langkah seperti pada gambar di bawah, geser vertex-vertek yang ditunjukan oleh gambar berikut.

3ds Max Modeling

3ds Max Modeling

3ds Max Modeling

3ds Max Modeling

3ds Max Modeling

27. Aktifkan Edge level, kemudian pilih Edge pada bagian yang ditunjukan oleh gambar seperti berikut.

3ds Max Modeling

28. Klik Connect Setting dan beri 2 Segment Edge pada bagian tersebut.

3ds Max Modeling

29. Perbesar Edge pada bagian tersebut dengan menggunakan Select and Scale Uniform seperi berikut.

3ds Max Modeling

30. Aktifkan Polygon level, pilih Polygon pada bagian ujung atas botol seperti berikut.

3ds Max Modeling

31. Klik Inset setting dan beri nilai 0.4 pada inset Amount.

3ds Max Modeling

32. Klik Extrude setting dan beri nilai -10 pada Extrusion Height.

3ds Max Modeling

33. Buat kembali Cylinder yang akan digunakan sebagai tutup botol, tempatkan Cylinder tersebut diatas botol, dan ubah Cylinder tersebut dalam bentuk Editable Poly. 

3ds Max Modeling Tutorial

34. Aktifkan Vertex level, pilih vertex pada bagian atas cylinder, perbesar vertek pada bagian tersebut, hingga bagian tengah cylinder menutupi lubang pada bagian atas botol seprti berikut.

3ds Max Modeling

35. Dan inilah hasilnya.

3ds Max Modeling

35. Klik Exit Isolate Selection untuk keluar dari mode Isolate Selection dan menampilkan gelas kembali.

3ds Max Modeling

36. Klik objek gelas, klik kanan pada viewpotr, kemudian pilih Clone (tekan Ctrl+V pada keyboard), untuk mencopy gelas tersebut. Pada Clone Options pilih Copy dan beri nama gelas02.

3ds Max Modeling Tutorial

37. Geser posisi dari  gelas02 seperti berikut.

3ds Max Modeling Tutorial

C. Membuat Model Meja

38. Buat sebuah box dengan cara klik Create > Geometry > Box, dan tempatkan box tersebut dibawah gelas dan botol.

3ds Max Modeling

39. Ubah box tersebut dalam bentuk Editable Poly.

3ds Max Modeling

40. Aktifkan Vertex level.

3ds Max Modeling

41. Geser posisi vertex pada box tersebut dengan nenggunakan Select and Move seperti yang terlihat pada gambat berikut.

3ds Max Modeling

42. Aktifkan Polygon level, kemudian pilih polygon pada bagian bawah meja seperti gambar berkut.

3ds Max Modeling

43. Klik Extrude setting dan beri nilai 30 pada Extrusion Height. dan jadilah 4 buah kaki meja.

3ds Max Modeling

Dan inilah hasilnya sob.

3ds Max Modeling

Ok sob sekian dulu bahasan untuk tutorial 3ds Max  hari ini, dan dalam tutorial 3ds Max selanjutnya mungkin saya akan membahan bagaimana cara memberi material pada ketiga objek ini, ok sob sampai jumpa.

1 comments :

ana lg blajar berguna banget gan. mantabs gan...

Post a Comment